Kamis, 24 Februari 2011

Ischnura senegalensis

Diposting oleh Ѽ. PooR pRinZa aPpLe .Ѽ di 08.50.00
Ischnura senegalensis (Dian.24feb'2011)
Kenten-Palembang, South Sumatera, Indonesia

Ischnura senegalensis merupakan arthropoda anggota dari bangsa (ordo) odonata dengan genus Ischnura. terdapat banyak variasi dari Ischnura senegalensis yakni perbedaan yang bisa dilihat langsung berupa warnanya. Ischnura senegalensis seperti dalam foto ini, salah satu species yang saya temukan di areal rawa disamping tempat tinggal saya. berukuran kecil seperti ukuran damsel kecil lainnya, dengan warna toraks dan caput yang hijau. Di areal rawa tempat saya menemukan capung cantik ini, tidak dapat saya temukan Ischnura senegalensis seperti ini dalam jumlah banyak mungkin karena faktor habitatnya yang kurang baik, yang tidak memungkinkan capung Ischnura senegalensis ini meneruskan keturunannya. Namun dilain hari sebelumnya saya menemukan Ischnura senegalensis sedang melestarikan keturunannya dengan pasangannya yang mana pasangannya bercumbu adalah Agrocnemis femina, capung dengan ukuran yang sama, toraks berwarna hijau dengan ujung abdomen berwarna orange. Mungkin pemikiran saya ini salah, karena saya tidak tahu persis mengenai banyak jenis capung. atau mungkin keduanya adalah Ischnura senegalensis akan tetapi perbedaannya seperti biasa, ujung abdomen... :)


 a coupled pair in the wheel pisition

awesome... sebuah kebahagiaan khusus bagiku bisa menyaksikan momen yang wooow!! ini... ^^ sayang saya tidak bisa mendapatkan hasil yang sangat baik...

 

0 komentar:

Posting Komentar

pRinZa Facebook

 

PooR pRinZa aPpLe Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting