Rabu, 16 Februari 2011

Capung Jarum - Damselflies

Diposting oleh Ѽ. PooR pRinZa aPpLe .Ѽ di 09.54.00
Capung ini merupakan serangga dari ordo Odonata, subordo Zygoptera (damselflies = capung jarum). Serangga dewasa memiliki pandangan mata lateral. Tubuh capung ini berbuku-buku...
Pada foto terlihat buku-buku pada tubuhnya. bagian tubuh terdiri dari caput (kepala), toraks (dada), dan abdomen (perut). Mata yang dimilikinya majemuk, dan ukuran capung ini lebih kecil dibandingkan capung yang biasanya dilihat berterbangan.. Capung ini banyak terdapat di daerah berair atau rawa, seperti tempat saya mengambil foto capung jarum ini. Lokasi di samping rumah, terdapat rawa tepatnya di daerah Kenten, Palembang. Saya rasa capung-capung ini akan tetap ada apabila rawa disamping rumah saya ini masih ada, meskipun sudah 3/4nya sudah hilang karena pembangunan gudang grosir yang memakan lahan habitat banyak makhluk hidup sebelumnya.

Capung jarum yang saya temukan dan yang saya ambil fotonya terdapat macam-macam warna, bisa lihat di foto dibawah ini...
Agriocnemis sp


Agriocnemis femina


Ischnura senegalensis (betina)


Ischnura senegalensis (jantan)



foto ke 1, 2, dan 3 diambil tanggal 15 Februari 2011 sore hari, foto ke 4 tanggal 16'nya pagi hari... lokasi yang sama...
(maaf fotonya jelek, cos hanya diambil menggunakan kamera yang tak seberapa)

coba perhatikan gambar 2 dan 4... perbedaanya hanya pada  ujung abdomen... warna pada capung 2 orange sedangkan pada capung 4 biru sama seperti warna pada toraks'nya...

diluar sana lebih banyak lagi variasi capung-capung mungil ini... yang ingin sekali saya memilikinya tanpa menyentuhnya...





-PooR pRinZa aPpLe-
"Aku sangat mengagumimu dan aku sangat ingin memilikimu tanpa harus menyakitimu... Mungkin ini sedikit mengganggumu, tapi aku tak berniat menyakitimu, karena aku menyayangimu kau keindahan ciptaan Tuhan'ku"





0 komentar:

Posting Komentar

pRinZa Facebook

 

PooR pRinZa aPpLe Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting