Minggu, 07 Juni 2009

ekologi, ekosistem, komunitas, pupolasi... apalagi yah??? aku mahasiswi lagi belajar nih~

Diposting oleh Ѽ. PooR pRinZa aPpLe .Ѽ di 19.05.00
suatu komunitas (community) adalah sekelompok populasi dari berbagai jenis di sauatu daerah tertentu. komunitas dapat mencangkup semua populasi di daerah tersebut, semua tumuhan, hewan dan jasad renik, atau mungkin didefinisikan lebih sempit lagi sebagai suatu kelompok tertentu, seperti komunitas paku atau komunitas burung pemakan biji di daerah itu. Mengapa komunitas ini memperlihatkan keanekaragaman yang khas???

Keanekaragaman adalah gabungan antara jumlah jenis dan jumlah individu masing-masing jenis dalam suatu komunitas. Pertanyaan penting lain adalah " mengapa suatu komunitas tertentu berada pada suatu lokasi tertentu??. Jawabannya harus dicari pada pengaruh-pengaruh lingkungan abiotik, bagamana interaksi komunitas-komunitas, dan bagaimana berubahnya komunitas dari waktu ke waktu. Suatu butir penting yang muncul dari biologi evolusi adalah bahwa komunitas-komunitas itu merupakan kelompok yang jauh lebih longgar daripada populasi, dan bahwa jawaban-jawaban mengenai masalah-masalah pada tingkat komunitas harus dicari juga dari sejarah evolusi dan penyusun populasi-populasi itu.

Suatu ekosistem (ecosystem) adalah keseluruhan komunitas biotic di daerah tertentu ditambah dengan lingkungan abiotiknya. Oleh karenanya ekositem mencangkup keadaan fisik dan kimia berbagai endapan, air, dan gas, dan juga organisme-organismenya. Ekologi ekosistem menekankan adanya gerakan energy dan hara (unsure-unsur kimia) diantara komponen-komponen biotic dan abiotik dari ekosistem itu. Timbul pertanyaan utama, “berapa dan pada kecepatan berapa energy dan hara tersimpan, dan berapa yang dialihkan antara komponen ekosistem tersebut?”

Karena ekosistem itu merupakan tingkat tertinggi dari perorganisasian biologi, maka semua konsep ekologi dapat ditata dalam kerangka ekosistem itu. Komponen-komponen biota dari setiap ekosistem terangkai sebagai rantai-rantai hara (food chains). Misalnya populasi di padang rumput Afrika dapat dicirikan oleh hubungan cara makan menurut dua rantai hara sebagai berikut :

1. rumput hijau (produsen) ------> Wildebeest (herbivora) ------> singa (kaarnovora primer dari rantai 1) (karnivora sekunder dari rantai 2)

2. Rumput mati (bahan organik mati) -----> Rayap (pengurai) ------> avardvark (karnivora primer)

0 komentar:

Posting Komentar

pRinZa Facebook

 

PooR pRinZa aPpLe Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting